Akreditasi A

08/12/2021 s.d. 31/12/2026

20506385

NPSN

201050701002

NSS

Launching Jumat Berkah Menjadi Momen yang Penuh Berkah di Awal Tahun 2024
IMG-20240106-WA0026.jpg

SnedaNews – Mengawali semester genap tahun pelajaran 2023/2024, SMPN 2 Lamongan mengadakan kegiatan launching Jumat berkah yang beberapa waktu lalu sempat disampaikan kepala sekolah ke wali murid pada saat silaturahmi dan penyampaian progres sekolah dalam momen penerimaan laporan hasil belajar semester ganjil.

Acara yang digelar pada hari Jumat, 5 Januari 2024 ini ditempatkan dihalaman lapangan upacara dengan melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Khusus untuk hari Jumat ini, semuanya mengenakan busana muslim. Bagi yang non muslim, mereka berada ditempat yang berbeda dengan melakukan ibadah sesuai yang dianutnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan istigotsah dan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Agus, dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah, dan pembiasaan mengisi kotak infaq yang dilakukan oleh siswa dan GTK sebagai penutup acara.

Dalam sambutannya, bapak Sujarno menyampaikan kepada seluruh warga sekolah tentang pembiasaan baru mingguan yang diberi nama Program Jumat Berkah, dimana setiap minggunya, siswa dimohon untuk menyisihkan uang sakunya untuk diamalkan ke Masjid Nurul Iman yang pembangunannya terus dikebut agar bisa segera dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah. Beliau juga memberikan motivasi tentang pentingnya beramal jariyah.

Usai memberikan sambutan, kepala sekolah melaunching program jumat berkah dengan mengetukkan tangan ke microphone sebanyak tiga kali sebagai penanda, kemudian acara dilanjutkan dengan pengisian kotak infak secara bergantian. Untuk mempercepat waktu, panitia menyiapkan tiga buah kotak dan masing-masing kotak dibedakan berdasarkan jenjang kelas.

Pada pekan pertama Jumat berkah ini, terlihat antusiasme warga sekolah dalam mendukung kegiatan ini cukup tinggi, hal itu bisa dilihat mulai dari kedisiplinan dalam pelaksanaan, kekhidmatan dalam berdoa, dan hasil jariyah yang diperoleh.

Adapun hasil infaq jariyah pada jumat berkah minggu pertama ini yaitu,
GTK : Rp. 1.312.000,-
Kelas 7 : Rp. 1.802.000,-
Kelas 8 : Rp. 1.589.000,-
Kelas 9 : Rp. 1.637.500,-
Sehingga total jariyah yang diperoleh adalah sebesar Rp. 6.349.500,-

Melihat lancarnya kegiatan ini dan besaran jariyah yang diperoleh, Sujarno, S.Pd., M.Pd selaku penanggungjawab merasa bangga dan turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh warga sekolah khususnya dukungan dari orang tua/wali murid.

Alhamdulillah semoga amal jariyah dari seluruh donatur, diterima Allah SWT dan menjadi tabungan abadi di akhirat. Mudah – mudahan pada jum’at – jum’at berikutnya bertambah banyak dan barokah, aamiinn..

Jazaakumullaahu Khoiron Katsiro

Dokumentasi Video:

Launching Jumat Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *